Gempa di Sintang, Jarot: Tetap Tenang

142
Jarot Winarno, Bupati Sintang

SINTANG-Bupati Sintang Jarot Winarno meminta masyarakat tetap tenang merespon terjadinya gempa 3,1 SR di Bumi Senentang, Rabu (27/3).

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Supriandi Kepala BMKG Sintang. Tadi pagi sekitar  05.40:14 WIB memang terjadi gempa di Sintang,” kata Jarot ketika dihubungi Kapuas Post, Rabu petang.

Selain meminta masyarakat tetap tenang, Jarot juga mengimbau masyarakat selalu waspada. “Kalau terjadi seperti tadi, lakukan langkah penyelamatan diri. Seperti keluar dari rumah,” sarannya.

Ia memastikan pemerintah dengan BMKG tetap memonitor perkembangan yang terjadi. “Kami tetap memantau perkembangan yang terjadi,” tegasnya.

Berdasarkan rilis yang diterima media dari Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Mudjianto, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan I-II MMI di Sintang-Kalbar. Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” demikian bunyi rilis tersebut.

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.