Jeffray : Ini Gempa Pertama di Sintang

143

SINTANG-Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward mengatakan gempa dengan kekuatan 3,1 SR yang terjadi Rabu (27/3), pertama kali terjadi di Bumi Senentang.

“Setahu saya, di Sintang belum pernah terjadi gempa. Nah, kejadian hari ini merupakan gempa pertama di Sintang,” ucapnya ketika dihubungi Kapuas Post, Rabu petang.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan monitoring pusat Gempa Nasional BMKG, gempa terjadi pukul 05.40:14 WIB. Lokasi : 0.08 LU 111.92 BT (Pusat gempa berada di darat 48.63 km Timur laut Kecamatan Sintang), Kedalaman: 5 Km, Dirasakan (MMI) I-II. Gempa ini dirasakan sejumlah masyarakat Sintang, salah satunya di Kecamatan Kelam Permai.

Dengan adanya kejadian tersebut, politisi PDI Perjuangan ini meminta masyarakat khususnya sekitar Kelam agar selalu hati-hati.

“Masyarakat harus selalu hati-hati dan waspada terutama yang dekat dengan Bukit Kelam,” imbaunya.

Ia bercerita, musibah yang terjadi disekitar Bukit Kelam sebelumnya hanya longsoran batu saja. “Pernah batu-batu Bukit Kelam longsor ke hutan dibawahnya. Kejadian seperti itu beberapa kali terjadi. Tapi, gempa yang dari dasar bumi tidak permah terjadi,” bebernya.

Dengan adanya gempa yang pertama kali terjadi di Sintang, ia berharap instansi terkait baik itu lingkungan hidup maupun BKSDA segera memantau kondisi Bukit Kelam.

“Pemantauan itu penting untuk mengetahui apakah gempa yang terjadi berdampak pada Bukit Kelam. Mengingat, banyak pemukiman masyarakat yang berada di kaki gunung Kelam,” bebernya.

Selain itu, masyarakat juga harus diberi tahu mengenai berbagai kemungkinan yang terjadi kedepan.

“Ini juga penting, agar ada antisipasi dini. Apabila kejadian seperti iyu terulang, tidak menimbulkan dampak yang merugikan,” pungkasnya.