Nasdem Dipastikan Mengusung Kader pada Pilkada Sintang 2020

93
Terry Ibrahim

SINTANG – Tahun 2020, Kabupaten Sintang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati. Sebagai partai pemenang Pemilu legislatif 2019 di Sintang, Partai Nasdem dipastikan akan mengusung kader sendiri untuk bertarung dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Partai Nasdem pada Pilbup 2020 dipastikan mengusung  kader. Ini seiring dengan instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Kalbar berdasarkan hasil  Pileg 2019,” kata Terry Ibrahim, Sekretaris Nasdem Sintang pada Kapuas Post, Selasa (30/7).

Ia mengatakan, partai Nasdem bisa mengusung kader mengingat sudah berhasil meraih 7 kursi di DPRD Sintang pada Pileg 2019. Sementara sesuai Undang Undang Pilkada, satu kandidat harus mempunyai 8 kursi untuk mengusung calon pada Pilbub.

“Kita hanya kekurangan 1 kursi saja.  Saya kira mencari tambahan kursi itu sangat memungkinkan. Makanya, pada Pilbub Sintang 2020 Partai Nasdem dipastikan mengusung kadernya sendiri,” katanya lagi.

Soal siapa-siapa kader yang bisa maju Pilbub Sintang, Terry menyebut banyak sekali kader Partai Nasdem Sintang potensial.

“Saya siap ketika diusung partai. Soal petahana saat ini (Jarot Winarno-red), kita sudah berulangkali menanyakan kesiapan beliau. Dia bilang belum ada izin dari keluarga,” katanya.

Terry mengaku sangat memahami alasan itu. Karena, keluarga merupakan penentu. Dukungan keluarga paling diutamakan ketika ikut kontestasi pilkada.

“Alasan itu pula yang membuat saya tidak jadi maju sebagai salah satu yang dicalonkan mendampingi Pak Jarot. Nah, pada pilkada 2020, saya akan mempersiapkan diri kembali,” katanya.

Kepastian maju Pilbub, kata Terry, tentu harus mempertimbangkan sejumlah factor. Salah satunya dukungan partai, hasil survei dan dukungan keluarga.

“Ini adalah syarat mutlak bagi saya untuk memutusakan akan maju tahun 2020. Sebagai kader, saya patuh pada perintah partai. Jika diminta maju, saya sangat siap. Disuruh mendukung kader partai lain juga siap,” pungkasnya.