AHASS Tingkatkan Layanan Purna Jualnya

9

PONTIANAK – Layanan purna jual AHASS, terus dikembangkan. Hal ini sejalan dengan kebutuhan konsumen, dan terbukti sangat memuaskan. Berbagai layanan servis yang ditawarkan di AHASS, antara lain, booking service (layanan yang dapat dipesan sesuai dengan waktu yang diinginkan konsumen) pit express (servis bebas antri dan cepat untuk konsumen yang membutuhkan penggantian oli (tertentu), jadi pilihan utama konsumen.
Selain itu, ada layanan yang bersentuhan langsung dengan konsumen, yang konsisten dilakukan, di antaranya service visit (layanan teknisi Honda datang mengunjungi konsumen baik di rumah maupun di kantor) dan reminder service (layanan pengingat konsumen untuk jadwal servis berikutnya lewat SMS dan telephone).
Berbagai layanan tambahan pun juga diselenggarakan sesuai kebutuhan agar dapat terus memanjakan konsumen. Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, AHM telah didukung lebih dari 1.750 showroom dealer penjualan, 3.770 bengkel AHASS dengan sekitar 19.000 teknisi terlatih dan berpengalaman, serta sekitar 8.400 jaringan suku cadang yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Penghargaan Service Quality (SQ) Award 2019 diberikan usai kandidat mendapatkan survei yang dibentuk dari dua dimensi, yaitu Perceive Service Quality (PSQ) atau persepsi pelanggan terhadap kualitas service, yang mereka nikmati dan Perceived Service Value (PSV) atau persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang atau biaya yang mereka keluarkan dibandingkan service yang mereka terima dan nikmati.
PSQ memfokuskan empat key performance indicator (KPI) utama service, yang mewakili Moment of truth ( MoT), yaitu Service Accessibility (dapat mengakses pusat layanan oleh pelanggan), Service Process (Prosedur dan elemen yang terkait dengan proses layanan), People (Staf atau pelopor yang berinteraksi dengan pelanggan) dan Service Solution (kualitas penanganan pengaduan).

Setelah melakukan survei, penyelenggara menetapkan sejumlah perusahaan yang berhak mendapatkan SQ Award. Penghargaan ini dibagi dua yaitu, Diamond, perusahaan yang mempunyai Service Quality Index (SQI) di atas 4.000 dan di atas rata-rata industrinya sedangkan jenis Award Gold diterima oleh perusahaan yang mempunyai SQI di atas 4.000 tetapi di bawah rata-rata industrinya atau mempunyai SQI di atas 3.500-3.999 dan diatas rata-rata industrinya.
Untuk hasil riset tahun ini, layanan AHASS berhasil mendapatkan SQ Award 2019 Kategori Diamond, dengan hasil penilaian yang terus meningkat dibanding tahun lalu dengan nilai 4,1195. Selain itu, penghargaan tersebut juga jadi wadah apresiasi masyarakat atas komitmen tinggi layanan purna jual Honda di seluruh Indonesia.
Perkembangan pasar yang semakin beragam, membuat AHASS harus menyesuaikan dengan cepat dalam meningkatkan pelayanan di seluruh jaringannya.
AHASS sendiri tidak akan pernah berhenti menemani konsumen dengan memberikan layanan purna jual Sepeda Motor Honda yang terawat dengan baik, melalui seluruh teknisi handal di AHASS. Tidak hanya tingkat nasional, Main Dealer Sepeda Motor Honda Jakarta dan Tangerang, yaitu PT Wahana Makmur Sejati (WMS), juga mendapatkan kepercayaan konsumen Honda yang melakukan perawatan serta perbaikan di AHASS Jakarta dan Tangerang.
Terdata sepanjang Januari hingga Juli 2019 terdata sebanyak 2.900.000 (all type) unit motor melakukan perawatan dan perbaikan di 319 AHASS yang tersebar di seluruh Jakarta dan Tangerang. Komitmen Wahana terhadap layanan purna jual Honda dilakukan serius dengan beragam cara mengikuti dengan permintaan layanan oleh konsumen yang semakin cepat.
Memenuhi kebutuhan konsumen tersebut beragam program hingga aplikasi digital tersedia lengkap disediakan Wahana seperti layanan Pit Express untuk konsumen yang hanya melakukan perawatan ringan. Lainnya layanan booking service yang berikan diskon jasa hingga konsumen tidak perlu mengantri lama.
Sedangkan di bidang digital, Wahana lengkapi dengan aplikasi bernama Wanda (Wahana Honda). Aplikasi ini merupakan asisten virtual yang berikan banyak informasi terkait beragam kebutuhan konsumen dengan mengunduhnya langsung di playstore.
Menghargai waktu konsumen, Wahana juga miliki layanan mobile dengan nama Semok (Service Motor Keliling) yang langsung mengunjungi konsumen khususnya konsumen grup dan korporat. Melengkapi layanan terbaik konsumen Honda, Wahana kini miliki layanan 24 jam penuh lewat layanan Wahana Help.
Dengan layanan inilah, konsumen tidak perlu khawatir dengan permasalahan motor Honda yang dialami konsumen. Semua upaya dilakukan demi menjaga kepercayaan dan kepuasaan konsumen Honda.(*)