MAN 1 Sintang Gelar Peringatan HUT RI dan Puncak Matsama

65
Kepala MAN 1 Sintang Ahmad Yani foto bersama dengan siswa berprestasi

SINTANG – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sintang menggelar peringatan HUT RI ke 74 dan puncak kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama), Senin (19/8).

Kegiatan yang dihadiri oleh orang tua murid serta pejabat dari Kementerian Agama (Kemenag) Sintang, diisi dengan aneka kegiatan. Diantaranya adalah penyerahan piala dan penghargaan pada siswa berprestasi, bazaar serta penampilan kesenian dari pelajar MAN 1 Sintang.

Kepala MAN 1 Sintang Ahmad Yani mengatakan bahwa Matsama merupakan kegiatan tahunan. Kegiatan ini untuk mengakhiri Masa Taaruf Madrasah siswa baru MAN 1 Sintang. Matsama serupa dengan kegiatan masa orientasi siswa (MOS). Kegiatan ini untuk mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa baru.

“Kebutulan, tahun ini bersamaan dengan peringatan HUT RI ke 74. Isi acaranya adalah menampilkan berbagai kreativitas siswa dalam hal ini oleh Sanggar Madani MAN 1 Sintang,” jelasnya.

Ia menegaskan, di MAN Sintang tidak hanya mendidik siswa dalam bidang akademik saja. Tetapi, para siswa juga dilatih wirausaha.

“Implementasinya, mereka belajar berwirausaha dengan melalukan bazar. Hal ini merupakan implementasi dari ilmu yang sudah diajarkan mengenai kewirausahaan,” jelasnya.

Disamping itu, dalam kegiatan ini siswa berprestasi dibidang akademik dan non akademik diberikan penghargaan. Khusus untuk bidang akademik, pada tahun ini MAN 1 Sintang akan mewakili Kabupaten Sintang dalam kompetisi sains madrasah terintegrasi tingkat nasional di Manado bulan September mendatang.

“Kita mewakili Kalbar karena berhasil manjadi juara 1 pada bidang Geografi terintegrasi tingkat provinsi. Siswa tersebut atas nama Sana Salsabila dari kelas XI,” beber Ahmad Yani.

Ketua Panitia Hengki Saputra menambahkan, kegiatan Matsama sudah dipersiapkan satu bulan sebelum siswa baru masuk sekolah. Awalnya, dibentuk kepanitiaan yang berjumlah 48 orang. Kemudian, langsung menyiapkan untuk pendaftaran siswa baru. Setelah itu, panitia menggelar rapat untuk mempersiapkan acara berikutnya.

“Saat pertama kali masuk sekolah, dilaksanakan Matsama selama 3 hari. Kemudian, mempromosikan organisasi pada siswa baru. Kami juga menyiapkan penampilan untuk puncak Matsama. Seperti yang dilihat pada hari ini adalah penampilan adik-adik kelas yang sudah dilatih kurang lebih satu bulan,” jelasnya.

H Margiono mewakili Ketua Komite mengucapkan selamat pada siswa yang mendapatkan juara dan penghargaan. “Alhamdulillah prestasi itu membawa MAN 1 Sintang semakin dikenal masyarakat. Mudah-mudahan apa yang dilakukan mendapat berkah. Pada  adek yang juara agar lebih bersemangat, bawa nama baik agar sekolah supaya semakin berprestasi,” pesanya.

H Ulwan, pengawas madarasah Kemenag juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh MAN 1 Sintang. “Saya memberikan penghargaan setinggi tingginya atas prestasi yang diperoleh. Semoga kedepan MAN Sintang semakin maju dan senantiasa berpresatasi,” pungkasnya.