Aktivis Keling Kumang Bagikan 1.500 Masker

8

SINTANG – Rasa peduli dapat berupa apa saja, tergantung situasi dan kondisi sosial disekitarnya. Salah satunya, disaat polusi asap terjadi di kota Sintang, Credit Union Keling Kumang (CUKK) turut membantu warga dengan membagikan masker hidung. Hari Sabtu pagi (7/9/2019), sebanyak 1.500 masker dibagikan oleh 10 orang aktivis Keling Kumang di Simpang Lima kota Sintang.

Chief Executive Officer CUKK Valentinus menjelaskan, kegiatan ini adalah salah satu kepedulian CUKK terhadap kondisi polusi udara yang dihadapi warga. Sasarannya adalah para pengemudi kendaraan yang terlihat tidak menggunakan masker. Dipilihnya lokasi kegiatan di Simpang Lima, karena disana ada lima titik traffic light. Pemberian masker dilakukan disaat para pengemudi menunggu lampu hijau.

Ditambahkan Valentinus, bahwa kegiatan sosial ini adalah bagian dari Three Bottom Line yang dijalankan Keling Kumang. Sebagaimana Keling Kumang juga banyak berperan dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan sosial ini setidaknya dapat turut membantu sebagian warga, agar tidak terdampak oleh kondisi polusi udara, karena dapat berakibat terjangkitnya inveksi saluran pernafasan akut (ISPA).

“Tidak perlu dibesar-besarkan, sepengetahuan kami kepedulian seperti ini juga dilakukan oleh beberapa organisasi atau lembaga-lembaga lain. Kita memang belum tahu kapan kemarau akan berakhir. Namun semoga saja semakin banyak organisasi atau lembaga yang turut peduli,” kata Valentinus.

Koordinator Kegiatan, Paulinus Nando, turut menginformasikan bahwa kegiatan di lima titik traffic light di Simpang Lima ini berjalan lancar, dan tidak sampai mengganggu kelancaran lalu-lintas. “Hanya dalam waktu 90 Menit, sebanyak1.500 masker terbagi habis. Kegiatan dimulai pada pukul. 07.00, pada pukul. 09.30 masker sudah habis terbagi,” terangnya.(Kris Lucas)