Wisuda Akbar Santri TPA LPPTKA BKPRMI. Bupati : Pendidikan Usia Dini Itu Penting

38
Wisuda akbar santri TPA LPPTKABKPRMI Sintang di Indoor Apang Semangai

SINTANG – Sebanyak 541 santri Taman Pendidikan Quran (TPA) Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Quran (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sintang, mengikuti wisuda akbar di Indoor Apang Semangai, Minggu (8/9).

Wisuda tersebut dihadiri oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno. Ia mengatakan, kegiatan seperti ini penting untuk pendidikan sejak dini.

“Jadi, pendidikan sejak dini sangat penting, termasuk juga pendidikan islam. Karena hal tersebut untuk membentuk keseimbangan antara akal, kalbu dan nafsu para anak-anak kita,” kata Jarot.

Menurut Jarot, dengan diwisudanya para santri diharapkan dapat menjadi generasi muda yang bisa menghadapi era digital dan teknologi kedepannya.

“Hari ini mereka diwisuda. Rata-rata umur mereka 5-8 tahun. Inilah yang menjadi landasan kedepannya. Generasi muda kita yang akan menghadapi perkembangan yang begitu pesat. Era digital luar biasa, yang pada akhirnya menjadi manusia yang memiliki SDM sesuai syariat Islam,” ujarnya.

Kata Jarot, kalau manusianya tidak dibekali SDM yang mumpuni dengan aqidah yang kuat maka akan liar.

“Jadi yang paling penting adalah manusianya. Kalau perkembangan teknologi tanpa dibekali dengan SDM kita yang Islam mengikuti Quran dan Hadist maka akan liar kemana-mana. Tentu dengan hal ini diharapkan para anak anak kita bisa menjadi SDM yang mengikuti aqidah Quran dan Hadist untuk menghadapi tantangan kedepannya,” tambah Jarot.

Ketua Panitia, Tafsir mengatakan bahwa kegiatan wisuda akbar ini untuk memotivasi para santri agar selalu bersemangat dalam membaca, memahami dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Serta mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, beriman, bertaqwa serta berbudi pekerti luhur.

“Ini sejalan dengan motto LPPTKA yakni menyiapkan generasi Qurani menyongsong masa depan gemilang,” katanya.

Dikatakannya, wisuda akbar yang diikuti 541 berasal dari 7 Kecamatan. 158 orang diantaranya khatam Al Quran.

“Kecamatan yang mengikuti wisuda diantaranya Sintang, Sungai Tebelian, Kelam Permai, Binjai Hulu, Tempunak, Dedai dan Kecamatan Sepauk”, jelasnya.

Tafsir menambahkan bahwa wisuda santri ini digolongkan menjadi dua golongan, “golongan pertama itu ada yang khatam atau selesai membaca Iqra 1-6, kemudian golongan kedua itu ada yang khatam membaca Al-Quran”, tambahnya.

Menurut Tafsir bahwa para santri yang wisuda ini kedepannya akan dipilih dan diseleksi lagi untuk ikut serta Festival Anak Sholeh.

“Setelah ini nanti mereka yang diwisudakan akan kita lakukan seleksi lagi untuk ikut serta Festival Anak Sholeh, karena itu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh LPPTKA, untuk tingkat Provinsi nya itu di Sanggau pada Bulan Juli 2020,” ujarnya.