Honda Phantom, Motor Cruiser Keren pada Zamannya

9

PONTIANAK – Sepeda Motor Honda merupakan salah satu kendaraan roda dua yang laris manis di pasarana otomotif dunia. Produk Honda, selalu diakui sebagai yang terbaik di semua segmen sepeda motor.
Salah satunya yang pernah tenar dan sangat digemari adalah eksistensi Honda Phantom. Motor ini sempat dijual di Indonesia di era 2000-an. Gaya sepeda motor ini adalah sepeda motor cruiser, yang nama resminya Honda TA200 Phantom.
Honda Phantom memang lebih mengarah ke American Cruiser, dengan bentuk hampir sama dengan Honda Rebel 500. Desainnya yang kekar, jok yang rendah, dan stang yang tinggi.
Yang bikin semakin tidak lazim adalah saat dibandingin sama motor lain, yaitu penggunaan ban belakang berukuran 150/90 dengan ring sebesar 15 inci yang bisa bikin pemiliknya jungkir balik karena repot mencairnya.
Kemudian apabila dilihat pelek belakangnya, tidak ada palangnya alias monoblok yang mirip wajan. Namun, secara performa, Honda Phantom tidak jauh berbeda dengan Honda Tiger, sebab memiliki basis mesin yang hampir mirip yaitu 200cc berpendingin udara.
Tapi secara fisik bedanya di crankcase, apabila diperhatikan tidak sama dengan milik Honda Tiger. Honda Phantom punya mesin 2 tak dan 4 tak.
Kode TA200 adalah Honda Phantom 4 tak, sementara TA150 bermesin 2 tak dengan kubikasi 150 cc.
TA150 dengan kubikasi 150 cc, ternyata menggunakan basis mesin NSR150. Tentunya sangat menggoda, karena motor cruiser namun punya mesin yang performanya galak dari klan NSR.
Karena menggendong mesin NSR150, performa Honda Phantom 2-tak, lebih galak dengan power 37 DK, dari pada Honda Phantom, 4-tak yang powernya mentok di 17 DK. Karena modelnya cruiser, tarikannya tidak terlalu kuat, seperti NSR150. Hal ini disebabkan bobot Hondan Phantom, 2-tak ini hampir 140 kg.
Ditambah lagi sudut rake Honda Phantom 2 tak yang maju, sehingga motor tidakl terlalu liar alias jadi wheelie monster. Namjun, tetap saja performanya di atas rata-rata, yang bisa menggapai top speed hingga 170 km per jam.
Dengan mesin Honda NSR150, Honda Phantom 2-tak memiliki RC Valve, yang tentu harus dirawat dengan baik, sebab kalau bermasalah tidak akan mampu berlari.(*)