Tim Safety Riding Astra Motor Sambangi BEM Untan

4

PONTIANAK – Safety Riding Team Astra Motor Pontianak, terus menggelar kampanye keselamatan berkendara. Kali ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Tanjungpura ((BEM Untan), yang mendapatkan Safety Riding Education.
Kegiatan ini bekerja sama dengan Satlantas Polresta Pontianak, PT Jasa Rahardja Cabang Pontianak, Dinas Kesehatan Kota Pontianak, dan Dinas Perhubungan Kota Pontianak. Safety Riding Education ini mengambil tema “Seminar Safety Riding Kampus sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas”, berlangsung ?di ?Aula Rektorat Untan Pontianak, Selasa (8/10).
Puluhan mahasiswa perwakilan BEM Untan dari sejumlah Fakultas, sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hadir sebagai nara sumber Kapolresta Pontianak, AKBP Ade Ary Syam Indradi, yang didampingi Kasatlantas, Kompol Syarifah Salbiah dan perwakilan PT Jasa Raharja Cabang Pontianak, serta Wakil Rektor I Untan, Aswandi.
Menurut Instruktur Safety Riding Astra Motor Pontianak, Dony Andrian, kampanye Keselamatan Berkendara adalah salah satu dari program utama yang terus dilakukan Astra Motor sebagai Main Dealer resmi Sepeda Motor Honda di Kalbar.
“Tentunya kegiatan ini untuk terus mengembangkan kesadaran, terutama di kalangan mahasiswa, akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya. Karena tidak hanya menjaga keselamatan pribadi, namun pengendara pada umumnya,” kata Dony.
Dalam paparanya, Kasatlantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah mengatakan dilibatkannya mahasiswa dalam Safety Riding Kampus sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, adalah menjadi salah satu dari lima pilar yang bertanggung jawab terhadap lalu Lintas di Indonesia.
“Hal ini sesuai dengan Inpres No 4 tahun 2013, yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang keselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan berkeselamatan, dan penanganan pra hingga pasca kecelakaan,” kata Kompol Salbiah
Kapolresta Pontianak, AKBP Ade Ary Syam Indradi menekankan pentingnya menjaga KAMSELTIBCAR Lantas di Kota Pontianak. Untuk itu Mahasiswa di ajak untuk melakukan berlomba-lomba dalam kebaikan (Fastabikhul Qoirot) dalam bidang apa saja, termasuk di bidang lalu lintas.
“Sesuai amanat UU No 22 Tahun 2009, salah satu bentuk kegiatannya adalah Police Goes To Campus, di mana diharapkan mahasiswa sebagai kaum intelek dapat menerapkan, bahkan mensosialisasikan kegiatan ini kepada masyarakat,” kata AKBP Ade.(*)