Ingin Motor Honda Tetap Awet? Berikut Tipsnya

6

PONTIANAK – Sepeda motor telah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang, karena sepeda motor merupakan alat transportasi yang simple dan lebih mudah digunakan, terutama saat menghindari kemacetan.
Namun, sayangnya terkadang penggunaan sepeda motor ini oleh sebagian masyarakat, tidak diimbangi dengan perawatan yang baik. Padahal dengan perawatan terbaik, bisa mengurangi resiko kendala saat menggunakan sepeda motor kesayangan.
Untuk itu, sepeda motor harus lah dalam kondisi selalu prima dan terjaga. Cara terbaik menjaga kondisi sepeda motor selalu siap sedia adalah dengan melakukan perawatan secara berkala.
“Perawatan berkala yang disiplin, wajib dilalukan. Agar motor yang digunakan selalu siap sedia. Tidak nyaman juga, saat digunakan motor mogok atau ada kendala lainnya,” kata Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Pontianak, Iwan Hari Susilo.
Menurut Iwan, ada beberapa tips yang harus dilakukan saat merawat motor Honda, agar tetap awet dengan kualitas terbaiknya. Dengan kondisi motor Honda yang terawat, dijamin semua aktivitas bisa diselesaikan.
Yang pertama adakah servis rutin di tempat servis resmi Honda. Di AHASS, sebagai tempat servis resmi Motor Honda, akan dicek dan perawatan mesin terbaik, yang merupakan keharusan untuk menjaganya supaya awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya tanpa kendala apapun.
Sama halnya dengan mesin sepeda motor Honda, perawatan dan pengecekan harus selalu diperhatikan secara rutin dan tidak menunggu datangnya kerusakan. Perkembangan mesin motor pada pabrikan Honda yang mengarah ke mesin injeksi menuntun cara perawatan motor injeksi harus diserahkan kepada teknisi resmi Honda yang berada di bengkel servis resmi.
Menservis motor Honda Anda di tempat servis resminya dapat menghindarkan dari kesalahan pengecekan dan perbaikan yang berakibat pada kerusakan karena para tukang servis di bengkel resmi sudah pasti lebih memahami motor Honda dibandingkan dengan bengkel lainnya.
Kedua, selalu gunakan sparepart yang sesuai dan resmi dari Honda.
Mengganti komponen motor dengan sparepart resmi dari pabrikan Honda adalah hal yang wajib agar kemampuan mesin tetap terjaga serta menghindari kerusakan akibat kualitas sparepart yang dipaksakan untuk sesuai.
Meskipun harga sparepart resmi motor Honda relatif lebih mahal, namun resiko yang didapatkan akan lebih kecil dibandingkan memilih harga murah dari sparepart bajakan atau KW.
Ketiga, gunakan oli mesin khusus motor Honda. Pada saat melakukan perawatan rutin motor Honda melalui service berkala, gunakanlah oli mesin khusus resmi dari Honda yang sesuai dengan jenis motor Anda.
Keempat, selalu cek lampu indikator Malfunction Indicator Lamp (MIL), yang terdapat di dashboard motor, indikator ini akan berkelip apabila pada mesin injeksi ditemukan kesalahan fungsi pada komponen tertentu. Dengan memperhatikan MIL ini, kita dapat mengetahui kondisi kesehatan mesin motor.
Kelima, rutin cek tekanan ban, karena hal ini tidak kalah pentingnya dari sebuah sepeda motor adalah tekanan angin ban. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat, jadi tidak nyaman dalam berkendara.
Tetapi jika tekanan angin terlalu tinggi juga akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan tidak nyaman dalam berkendara karena ban terasa sangat keras. Untuk itu jangan terlalu rendah namun juga jangan terlalu tinggi.
Keenam, jangan sembarangan membeli BBM Eceran. Kualitas BBM juga sangat menentukan awetnye mesin motor. Dengan BBM yang berkualitas baik, maka tutur merawat mesin motor.(*)