Pembalap ART Kalimantan Siap Unjuk Gigi di PON Papua

8

PONTIANAK – Pembalap muda Kalbar, Azi Firdaus, yang membela Astra Motor Racing Team (ART) Kalimantan, mengaku siap tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2020. Adieta Noor berhasil meraih tiket PON pada nomor Beregu Kelas Usia di bawah 20 tahun.

Bersama Azi Firdaus, ada pembalap senior Kalbar, M Zaki Fuadi yang lolos dalam kualifikasi Pra-PON di Sirkuit Sentul Bogor, pada 12 September 2019. Zaki Fuadi akan membalap di nomor Beregu Kelas Usia di atas 20 Tahun dan pada Kelas Usia di atas 20 tahun Nomor Road Race Perorangan.

Azi Firdaus, aadalah pembalap kelahiran Pontianak, 30 Januari 2004. Ia mulai membalap secara profesional bersama ART Kalimantan pada musim 2019. Ia tampil penuh pada Kejurnas Motoprix Region C Kalimantan dan Honda Dream Cup (HDC).

Performanya sangat gemilang, ia meriah gelar Juara Kelas Rookie Region C. Sementara di HDC ia adalah juara di kelas yang sama. Dengan raihan tersebut, maka Azi diutus oleh Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar ke Pra-PON 2019 Cabor Balap Motor.

“Saat ini masih jeda kejuaraan, namun saya dan rekan-rekan ART Kalimantan, tetap berlatih. Terutama untuk menjaga kebugaran fisik,” tuturnya.

Pelajar salah satu SMP Negeri di Kota Pontianak ini, optimis nantinya bisa mengeluarkan performa terbaiknya pada gelaran PON XX Papua, yang direncakan akan berlangsung pada 9-21 September 2020. Bekal saat tampil di Kejurnas MP Region C dan 3 seri HDC, dua region dan satu final, menjadi salah satu andalannya.

“Tim dan rekan-rekan sangat mendukung. Demikian pula dengan Pengprov IMI Kalbar. Semoga musim 2020 bisa berjalan dengan baik, sehingga saat PON, adalah puncak performa,” papar Azi.

Sebelumnya, Tiga Pembalap ART Kalimantan, tampil pada Pra-PON XX Tahun 2019. Pra-PON Cabor Balap Motor berlangsung di Sirkuit Sentul, Jakarta, 11-12 September 2019. Ketiganya adalah Achmad Fahri Sayidan dan Azi Firdaus, yang membela Tim Pra-PON Kalbar, serta Adieta Herianoor, yang membela Tim Pra-PON Kalsel. Fahri, Azi dan Adieta tampil di nomor kategori di bawah 20 tahun (junior).

Terpilihnya ketiga pembalap ART Kalimantan tersebut, tentu saja menjadi kebahagiaan sendiri Manager ART Kalimantan, Iwan Hari Susilo. Pria yang juga menjabat sebagai manager service Astra Motor Pontianak tersebut menyatakan dengan tampilnya ketiga pembalap muda tersebut ke Pra-PON, akan semakin memotivasi.
“Tentunya ketiga pembalap muda ART akan tampil maksimal di Pra-PON, karena membela nama baik Provinsi masing-masing,” ujar Iwan.
PON Cabor Balap Motor, sesuai dengan nomor pertandingan, hanya kelas 150 cc kategori di bawah 20 tahun dan di atas 20 tahun. PB PON dan PP IMI juga telah menetapkan nomor road race dan motorcross diperlombakan pada PON XX di Provinsi Papua Tahun 2020.
Ketua Pengprov IMI Kalbar, Yuliansyah menjelaskan, para pembalap yang lolos ke PON XX merupakan mereka yang tampil di Kejurda dan Kejurnas 2019. Menurutnya tiga seri kejurda dan satu seri Kejurnas tahun ini menjadi acuan untuk melihat potensi pembalap road race Kalbar.

“Dari Kejurda Cabor Balap Motor 2019 sudah menyiapkan kelas wajib Pengprov, dengan persyaratan penggunaan motor standar mulai dari mesin dan cc yang sama, sehingga setiap pembalap akan unjuk skill dan kebolehan menunggapi kuda besi untuk ditahui siapa yang paling tercepat,” tutur Yuliansyah.(*)