Bocoran Harga Honda CBR1000RR

11

PONTIANAK – Sejak diperkenalkan di EICMA 2019, November lalu, Honda CBR1000RR-R menjadi salah satu superbike yang paling ditunggu saat ini karena memiliki beragam keunggulan, salah satunya mesin yang disematkan.

Seperti dilansir Car and Bike, Jumat, (20/12/2019), selain mesin paling kuat yang pernah dibenamkan pada Fireblade, motor pabrikan Jepang ini juga memiliki suspensi elektronik.

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki, harga Honda CBR1000RR-R sudah diumumkan untuk pasar otomotif Inggris. Memiliki dua varian, bandrol motor sport ini tentu cukup fantastis.

Khusus varian terendah, harga Honda CBR1000RR-R berada di angka GBP 19.999 atau setara dengan Rp364 juta. Sedangkan model SP dihargai GBP 23.499 atau setara Rp428 juta.

Untuk jantung pacunya, kedua varian mendapatkan mesin berkapasitas 999cc terbaru empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga hingga 215 Tk pada 14.500 rpm dan torsi puncak 113 Nm pada 12.500 rpm.

Terdapat beberapa perbedaan antara kedua varian, salah satunya suspensi yang disematkan. Khusus varian tertinggi terdapat suspensi Ohlins semi-aktif yang dapat disetel secara elektronik, kaliper rem Brembo Stylema dan cat Honda Racing Corporation (HRC).

Hal baru lainnya terlihat pada penggarapan body CBR1000RR-R Fireblade. Rombakan besar tampang jelas tertuju pada bagian fairing.

Di sini terdapat tiga buah winglet yang menyatu dengan tubuh. Inspirasinya berasal dari terapan serupa RC213V versi 2018.

Meski tak bisa dibongkar, fungsi item ini tetap sama terkait urusan downforce dan aerodinamika. Satu penanda perihal DNA MotoGP tadi juga dituangkan melalui pengaplikasian logo HRC (Honda Racing Corporation).

Sektor elektronik turut menjadi fokus pekerjaan para teknisi Honda. Mulai dari pengaplikasian IMU, tiga mode berkendara, traction control dengan 9 setelan dan launch control. Sajian itu dapat dilihat langsung via panel meter TFT.

Semua sajian dasar soal kendaraan ada di sana. Menariknya, layar berukuran 5 inci juga terdapat informasi lean angle. Semua fitur pada motor ini dapat diatur secara independen melalui tombol di kiri stang.

Mulai dari riding mode, level ABS, engine brake, traction control, launch control hingga opsi pengaturan start control. Satu lagi, CBR1000RR-R Fireblade 2020 juga sudah menggunakan sistem kunci pintar (smart key system).(*)