Honda Hadirkan Scoopy Untuk Penggila Kumamon

49

PONTIANAK – Baru-baru ini AP Honda Thailand merilis Honda Scoopy i Kumamon Special Edition. Motor itu dirilis untuk memeringati 10 tahun beredarnya skutik tersebut di pasar otomotif Negeri Seribu Pagoda.

Kumamon sebenarnya adalah maskot dari Prefektur Kumamoto Jepang. Karakter beruang berpipi merah ini dibuat pada tahun 2010 silam sebagai bentuk kampanye pariwisata.

Karena itu, Honda Scoopy i Kumamon Special Edition dilabur dengan warna hitam glossy dan memiliki aksen merah di spion, dek kaki, speedometer, kaliper rem depan, serta cover knalpot.

Selain itu, terdapat emblem Honda Scoopy i 10th Anniversary di dek depan sebelah kiri dan cover body kanan. Tak lupa, penyematan figur Kumamon di spakbor depan dan body samping sehingga motor ini jadi makin lucu serta menggemaskan.

“Honda Scoopy i Kumamon Special Edition memadukan Kumamon dan Honda Scoopy i. Keduanya berasal dari kota yang sama. Honda Scoopy series pertama kali diproduksi dan dijual di Kumamoto,” ujar Shigito Kamura, salah satu petinggi AP Honda Limited.

Karena sekadar mempercantik tampilannya, tak ada fitur yang ditambahkan. Honda Scoopy i Kumamon Special Edition juga dibekali LED headlight, 12V power outlet, serta bagasi besar berkapasitas 15,4 liter.

Dapur pacunya pun dihuni mesin yang sama dengan Honda Scoopy standar, 1-silinder SOHC 108,2 cc air-cooled. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,1 ps dan torsi 9,4 Nm.

Terlahir sebagai edisi khusus, Honda Scoopy i Kumamon Special Edition hanya diproduksi sebanyak 5.000 unit. Berdasarkan situs resmi AP Honda, harganya mencapai THB54.200, setara Rp25 jutaan (Kurs THB1 = Rp463).(*)