Libur Panjang Natal dan Tahun Baru 2020, Trafik Data XL Axiata di Kalbar Naik Tajam

3

PONTIANAK – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui masa liburan panjang akhir tahun dengan kinerja jaringan yang baik secara nasional, termasuk di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar). Hampir tidak ada persoalan yang berarti yang menganggu layanan kepada pelanggan selama masa libur antara 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Pada waktu yang sama, trafik data di Kalbar mengalami peningkatan mencapai sekitar 8% dibandingkan trafik di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai sekitar 50%. Layanan data Web Browsing 46% menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh layanan Games sebesar 33% dan Instant Messaging sebesar 21%.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, “Trafik di wilayah Kalbar memang terus tumbuh. Karena itu tidak mengherankan jika di masa libur panjang akhir tahun ini juga mengalami kenaikan signifikan. Kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data menjadi salah satu faktor penentunya. Dalam tiga tahun terakhir kami terus membangun jaringan di Kalbar, termasuk dengan memperluas jaringan 4G di area-area baru. Saat ini pun jaringan 4G sudah masuk ke semua kota-kota utama di provinsi tersebut.”

Kenaikan di Kota Pontianak mencapai sekitar 9% seiring dengan meningkatnya keramaian warga di sejumlah titik selama masa liburan, terutama malam tahun baru, seperti Jalan Gajah Mada, Bundaran Digulis, dan Taman Alun Kapuas. Trafik di Singkawang juga naik 23% dan Sambas naik 15% karena menjadi salah satu tujuan wisata dan juga banyaknya warga yang pulang kampung ke sana.

Kenaikan trafik data juga terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara). Trafik di Kota Balikpapan naik sekitar 17% dan Bontang naik 15%, sedangkan Kota Samarinda relatif stabil. Kenaikan trafik juga terjadi di Kaltara terutama di Tarakan naik 12% dan Nunukan juga relatif stabil. XL Axiata secara khusus telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk area-area yang menjadi lokasi keramaian baik tempat wisata maupun pusat perbelanjaan.

Sementara itu di wilayah Jabodetabek, meskipun banyak warga yang ketika libur kemarin meninggalkan wilayah tersebut, namun di sebagian area trafik layanan tetap mengalami kenaikan di bandingkan hari-hari biasa. Misalnya di Kota dan Kabupaten Bogor, trafik mengalami kenaikan sekitar 13% karena adanya beberapa lokasi wisata, seperti Puncak dan Taman Safari. Demikian juga di Kota dan Kabupaten Bekasi, naik 11%. Di area DKI Jakarta yang cukup lengang selama masa libur panjang, XL Axiata secara khusus telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk area-area tempat keramaian, terutama beberapa lokasi wisata seperti antara lain Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Bandara Halim Perdanakusuma.”

Kenaikan trafik data juga terjadi di wilayah Banten, termasuk Serang dan kawasan wisata Anyer, Cilegon, Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bandara International Soekarno Hatta, yang meningkat sekitar 11%. Trafik data di kawasan Sukabumi juga meningkat, sekitar 13%. Hal ini bisa dipahami karena meningkatnya kunjungan masyarakat ke sejumlah destinasi wisata di kawasan itu, seperti Selabintana, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, hingga Geopark Ciletuh. Selain itu, Sukabumi juga menjadi tujuan pulang kampung warga Jabodetabek.

Menurut Francky, hal yang paling utama adalah mampu melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik. Semua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia.(*)