Honda PCX Akan Dibekali Airbag

9

PONTIANAK Honda membekali motor gede Gold Wing Tour DCT dengan sistem airbag. Kini fitur keselamatan tambahan itu tampaknya juga akan disematkan untuk skuter matik Honda yang lebih kecil, seperti PCX dkk.

Sistem airbag untuk skuter matik Honda yang berkapasitas kecil itu pun sudah dipatenkan. Menurut Visordown, airbag vertikal itu akan terpasang di area headstock. Ukurannya pun cukup compact, sehingga bisa dipasang di bagian depan bodi motor yang kecil bahkan skuter.

Airbag itu nantinya akan keluar dari kedua sisi headstock. Ketika sistem mendeteksi kecelakaan, airbag akan mengembang karena tekanan gasyang terkompresi di dalamnya.

Sehingga airbag di sepeda motor Honda itu bisa melindungi pengendara dari tabrakan frontal. Hanya saja, sementara sistem ini hanya akan memberikan perlindungan untuk beberapa jenis kecelakaan, baik menabrak kendaraan lain atau menabrak benda padat lain.

Sistem tersebut sepertinya bisa membantu mencegah beberapa bagian tubuh atas dan kepala terbentur. Setidaknya, bisa melindungi bagian vital yang kerap menjadi momok bagi para pengendara.(*)